Tulang Sehat Gaya Hidup Aktif

Collagen merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit pada manusia.

Kolagen memiliki fungsi yang hampir sama pentingnya dengan kalsium pada tulang. Sebab, kolagen berfungsi sebagai lem perekat agar tulang bisa menyatu dengan sendi.

Berikut ini lima manfaatnya untuk kesehatan yang mungkin belum Anda ketahui:

Mencegah osteoporosis
Memasuki usia 20 tahun, kalsium akan sangat dibutuhkan karena tulang sedang dalam masa perkembangan. Dan memasuki usia 30 tahun, dimulailah masa-masa pengeroposan tulang. Oleh karena itu, mulailah ¨menabung¨ kalsium sebelum usia Anda memasuki 30 tahun.

Melangsingkan tubuh
Kalsium mengandung lemak yang mudah dibakar sehingga baik untuk mencegah kenaikan berat badan. Ahli gizi menyarankan agar menyajikan produk susu tiga kali sehari dan kurangi asupan kalori untuk mendapatkan diet sempurna.

Melawan PMS
Kalsium ternyata ampuh mengatasi gejala-gejala PMS yang dapat mengganggu aktivitas Anda. Ketika wanita tidak mendapatkan asupan kalsium dari produk susu dan vitamin D yang cukup, maka hormon yang berhubungan dengan kalsium di tubuh dapat bereaksi negatif menghadapi estrogen dan progesteron. Kondisi ini memicu gelaja-gejala PMS yang dapat menggangu aktivitas Anda.

Kalsium melawan kanker
Selain pola makan sehat, ternyata mengonsumsi kalsium yang cukup pun mampu melawan kanker, khususnya kanker ovarium dan payudara. Namun jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi kalsium karena dapat meningkatkan resiko terkena kanker prostat.

Kalsium menyehatkan jantung
Sebanyak 99% kalsium terdapat pada tulang dan gigi Anda. Sedangkan 1% lainnya berperan penting dalam fungsi tubuh, di antaranya transmisi saraf dan fungsi otot. Ketika tubuh mendapatkan asupan kalsium yang cukup maka akan berpengaruh pada kesehatan jantung karena kinerja transmisi saraf dan fungsi otot tubuh yang baik.