Manfaat Makanan Berserat Pada Metabolisme Tubuh


Manfaat Makanan Berserat Pada Metabolisme Tubuh

Kandungan serat bisa ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan, dan gandum. Ahli gizi umumnya merekomendasikan agar mengonsumsi lebih banyak serat karena banyak akan manfaat kesehatan. Konsumsi makanan berserat secara rutin tentu menguntungkan dan berdampak baik pada pencernaan, serta memberikan kontribusi untuk penurunan berat badan, tetapi tidak akan menaikkan atau menurunkan tingkat metabolisme Anda ke tingkat yang signifikan.

Metabolisme

Metabolisme mengacu pada reaksi kimia yang terjadi dalam sel-sel Anda untuk mempertahankan hidup. Lebih khususnya, metabolisme mengacu pada proses mencerna makanan menjadi unit-unit yang lebih kecil lalu diangkut ke sel-sel Anda dan digunakan untuk menghasilkan energi atau mempertahankan reaksi kimia.

Tingkat metabolisme pada dasarnya adalah seberapa efisien tubuh Anda dalam mencerna makanan dan menggunakannya untuk energi. Tingkat metabolisme Anda dipengaruhi oleh faktor makanan, sekresi hormon dan keseimbangan, olahraga dan bahkan genetika juga memainkan peran yang lebih penting dalam metabolisme, menurut Human Metabolism: Functional Diversity and Integration.

Tinggi rendahnya metabolisme sering menyebabkan kenaikan berat badan, kulit kering dan kelelahan, namun penyebabnya juga biasanya terkait dengan berkurangnya fungsi tiroid, atau hipotiroidisme, dan bukan kekurangan serat makanan.

Makanan Serat

Serat pangan diklasifikasikan sebagai zat yang larut (soluble) atau tidak larut (insoluble) dalam air. Serat tidak larut disebut selulosa, yang kadang-kadang disebut sebagai serat kasar (roughage). Selulosa tidak sepenuhnya dicerna, karena beberapa serat bisa difermentasi dalam usus besar Anda, namun sebagian besar melewati usus Anda dan dibuang. Serat tidak larut juga berfungsi untuk meningkatkan motilitas usus dan merangsang gerakan usus secara teratur.

Serat larut, seperti pektin, gum dan getah, bisa menyerap air dalam usus dan menjadi lengket, yang memungkinkannya untuk membawa racun dan kolesterol, lalu membuangnya. Sayuran seperti seledri dan brokoli merupakan sumber serat yang sangat baik dari serat tidak larut, sedangkan gandum, kacang-kacangan dan beberapa buah-buahan adalah sumber besar dari serat larut.

Glutera Nitric Oxide merupakan makanan kesehatan yang kaya akan serat (fiber) yang  berguna dalam diet penurunan berat badan. Bahan baku yg terdiri dr puluhan buah & sayuran sangat membantu akan tingkat kebutuhan serat di dlm tubuh terutama kesehatan pencernaan & usus.

Jumlah serat yang harus dikonsumsi adalah 25 – 35 gram/hari, menurut badan kesehatan dunia (WHO), dengan diet serat 25 gram/hari dapat memperbaiki pengontrolan gula darah dan menurunkan kadar lemak darah dalam tubuh. Manfaat Serat Untuk Kesehatan dan Kecantikan , Serat dalam makanan sangat penting, karena berfungsi untuk pengikat air, membantu mempercepat sisa – sisa makanan dalam pencernaan untuk disekresikan keluar, mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Tetapi rata – rata orang Indonesia mengkonsumsi makanan berserat hanya 10,5 gram/hari. Oleh karena itu diperlukan makanan atau minuman suplemen unutk memenuhi kebutuhan serat sehari – hari.

Newest Post